Tidak sekedar KP ..deuhh.. yang lagi KP.

Bismillahirrahmanirrahim.

Mahasiswa ITB tingkat 3 sekarang – angkatan 2004- lagi pada sibuk-sibuknya ‘liburan’ nih. Hanya saja kesibukan ‘liburan’ kali ini tidak biasa. Luar biasa. ‘Liburan’ kali ini penuh dengan tetesan air mata dan darah peluh dan keringat. -berlebihan-. Ya, para mahasiswa tersebut (termasuk aku sendiri) sedang sibuk-sibuknya men-coba-i skill and knowledge yang didapatnya dari ITB dalam medan pertarungan yang nyata. Dalam Kerja Praktik nya.

Dalam menjalani itu semua, tentunya aku ingin agar aku bisa mencoba memaknainya sedalam mungkin. Agar KP ini tidak sekedar KP. Tetapi agar KP ini juga tetap bernilai ibadah. Agar KP ini berbuah surga… (deuhh).. :

1. Jaga Kesehatan

Yang pasti, semua yang aku miliki sekarang hanyalah sebuah titipan. Termasuk tubuh ini. Maka menjaga kesehatan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk aku lakukan. Lari pagi dan berenang olahragaku, makan makanan sehatku: bubur mang oyo, ketoprak atau gado-gado, +soto ayam kalo malem, dan tidak lupa buah+kacang ijo kalo lagi ke salman menjadi sebuah kebutuhan tubuh yang harus terpenuhi.

2. “Belajar” lebih banyak lagi

Kesempatan Kerja (Praktik) di perusahaan-perusahaan bagus belum tentu muncul dua kali. Maka, kesempatan ini harus aku manfaatkan lagi sebanyak-banyaknya untuk mempelajari hal-hal yang tidak aku dapatkan di kuliah. Mulai dari budaya positif perusahaa. Cara kerja efektif perusahaan. Bagaimana gerak-gerik dan strategi perusahaan sampai bisa besar dan sukses.. dan sejenisnya..

Bukan buat apa-apa.. cuma buat bikin perusahaan yang lebih bagus, lebih efektif, lebih besar, n lebih keren daripada perusahaan tsb. Atau kalau belum bisa, ya minimal biar bisa sama-sama bagus lah.๐Ÿ™‚

3. Perluas Jaringan (bukan jaringan PC/Signal ya..)

Mengenal lebih banyak orang untuk dijadikan teman dan sahabat adalah suatu tidak merugikan bahkan sangat menguntungkan bagi ku. Jangan biarkan para karyawan yang bekerja di perusahaan tidak aku kenal dan tidak mengenal aku. Mereka pasti memiliki kelebihan-kelebihan yang bisa aku pelajari, memiliki pengalaman lebih banyak dariku dalam perusahaan ini. Maka, minimal Nama lengkap, panggilan, HP dan Email harus masuk database ku.๐Ÿ™‚

Bahasa Islamnya : Silaturahim. Menambah rezeki, memperpanjang umur, dan..

Ayo Aji! Eratkan silaturahim.

4. Disiplin

Disiplin yang aku pikirkan disini terkait erat dengan waktu. Soalnya, di perusahaan-perusahaan yang menganut Good Corporate-Culture pastinya masalah waktu akan menjadi suatu hal yang amat diperhatikan. Ya, kita harus disiplin, wong Allah swt bahkan sampai bersumpah demi yang satu ini.

” Demi masa.. Sesungguhnya (seluruh) manusia senantiasa merugi… kecuali … (baca sendiri terusannya ya ji.. udah tahu kan di alquran surat apa..)

Disiplin masuk kerja, disiplin pulang kerja, disiplin sholat, disiplin istirahat, ada lagi? Ayo Aji! Disiplin!

5. Profesional

Setelah dipikir-pikir dan diingat-ingat, ternyata Islam berbicara dengan lengkap tentang Profesionalisme (ya iya lah,, wong islam agama syamil wa mutakamil* gitu loh). Bahkan profesionalisme ini adalah sebuah sifat utama yang dimiliki oleh Rasulullah Muhammad saw. Nabi Musa AS juga seorang profesional (Q.S. Qashash:26), Nabi Yusuf AS juga (sebagai bendahara mesir). (Ah masa sih? lanjut…)

Memang profesional itu apa? Coba kita telusuri sejarah Rasulullah Muhammad saw. Masih ingatkah kita apa gelar Muhammad saw di tengah-tengah kaumnya sebelum menjadi Rasul? Al-Amin. Ya, Al-Amin. Yang terpercaya, yang amanah.

Profesional dalam islam itu berarti Amanah, yaitu : jujur, sesuai dengan yang dipercayakan kepadanya (baik itu titipan, job desc, janji, atau semisalnya), tuntas.

Nah, melihat Islam telah menekankan seperti itu melalui contoh-contoh para Rasul dan Nabi. Mereka aja sangat profesional kaya gitu, maka bagaimana mungkin KP kita berlalu tanpa profesionalisme ini? Menyelesaikan Job Package dengan jujur dan sesuai kesepakatan adalah kata kuncinya. Ayo Aji! tuntaskan tanggung jawabmu dengan sempurna.

6. Kesempatan berdakwah

Ya, agar KP ini tidak sekedar KP, maka kesempatan untuk senantiasa menjadi orang-orang yang memiliki amalan terbaik (“Siapa yang lebih baik perkataannya dibanding orang yang menyeru kepada Allah swt..” Q.S. Fushilat 33) tidak boleh dilewatkan. Aku harus bisa tetap berusaha mengajak saudara-saudaraku di tempat KP, baik teman seperjuangan maupun orang-orang yang baru aku kenal, untuk senantiasa mewarnai hari-hari kami dengan indahnya nilai-nilai islam yang diajarkan Allah swt.

Mengajak untuk menjaga perkataan (berkata selalu yang baik), menjaga pandangan (biasa di perkantoran rawan ‘pemandangan’ tidak halal), menjaga tilawah quran, menjaga akhlak berinteraksi, dan menjaga waktu sholat mungkin menjadi langkah awal untuk menjadi orang-orang yang amal perbuatannya dinilai Allah swt sebagai perbuatan terbaik.

Baru itu yang kepikiran bagaimana agar KP-ku tidak sekedar KP..

Any idea?

9 responses to “Tidak sekedar KP ..deuhh.. yang lagi KP.

  1. syukron ya ji… tulisannya banyak mengingatkan sy yg juga lagi KP ^_^

    dengan KP sy jadi bisa mengenal kehidupan luar kampus (especially, kehidupan Jakarta) yg lebih menantang. it’s a real life friends!

    yup, met KP! smg istiqomah…

  2. Jakarta memang menantang.
    Realita masyarakat kota yang selama ini terlihat di televisi ada di sana.

    Tapi di Jakarta juga banyak tempat untuk mengingat Allah swt kok. Banyak ustadz2 juga disana. Tempat yang ane rekomendasikan kalo lagi libur (sabtu/ahad) anti bisa berkunjung ke masjid2 besar di pusat kota (istiqlal, alazhar, sunda kelapa, de el el).

    Danau UI di samping Masjidnya juga enak buat dzikrullah. Coba aja kesana.

    Buat doanya.. Amiin..

  3. Iya nu, cuma ga bisa (atau ga mau ya?) merasakan suasana pusat jakarta. KPnya di Bandung aja. Damai..๐Ÿ™‚ Kehidupan metro memang seperti dunia lain.. yang harus pernah kita rasakan. (3 Tahun bolak-balik pusat jakarta sebagai siswa๐Ÿ™‚

  4. mohon kerjasamanya, kakak -_-
    Mari kita bangun tim KP yang solid: mampu menjawab tantangan kebutuhan global, mengatasi masalah dengan kerja sama yang kokoh namun fleksibel (apa sih??)

  5. Bismillah..
    ana juga mau KP, semoga banyak manfat dan pelajaran yg bisa di ambil disana.. walau tempatnya kurang sreg, tapi tidak jadi masalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s