One busy day.. Wis.. udah..

Bismillahirrahmanirrahim..

Alhamdulillahirabbil alamin,

Allahumma sholli ala Muhammad.

17 Juli 2007 hanyalah satu dari 20 tahun 7 bulan 29 hari kehidupanku.. Cerita klasik terdapat di dalamnya.. Mulai dari bangun tidur,, sampai tidur lagi.

Hari ini aku memulai hariku dengan Qiyamul Lail.. Lalu shubuh berjamaah di Al-Mubarak mushola dekat asramaku. Setelah sholat shubuh berjamaah, seperti biasa, atau mulai dibiasakan dan diwajibkan bagi para peserta PPSDMS untuk mengikuti program 56. Program dari pukul 05.00-06.00. Isi dari program tersebut adalah tilawah sampai 05.30, lalu Al-Matsurat, dan diiringi dengan tausyiah dari salah satu peserta yang digilir setiap satu hari sekali. Alhamdulillah program ini telah berjalan efektif selama satu-dua minggu yang lalu (kok baru sekarang sih ada program kayak gitu..? Haree Genee?).

Terkait program ini, sebenarnya telah dimulai sejak kami menjadi peserta PPSDMS Agustus 2006 lalu. Tetapi sayangnya, inkonsistensi masih banyak terjadi dalam atmosfer PPSDMS. Parahnya, atmosfer ini ada sejak awal hingga akhir-akhir ini. Perubahan yang terjadi pada peserta lebih banyak temporer setelah adanya evaluasi bulanan/semesteran oleh para pengurus pusat. Sampai evaluasi terakhir oleh Akhuna Bachtiar yang akrab dipanggil Abah, salah seorang pengurus inti PPSDMS. Beliau datang 2 minggu yang lalu khusus dari Singapura untuk memberikan evaluasi tahunan (atau tepatnya pra-evaluasi, karena evaluasi PPSDMS sesungguhnya dilaksanakan bulan depan). Saat evaluasi dengan Abah tersebut, lagi-lagi peserta dihentakkan dengan sebuah kenyataan pahit, bahwa kami belum menjadi apa-apa. (Aku berpikir bahwa ini adalah proses character assassination yang sangat kejam. Yang bisa selamat dari assassination ini hanyalah orang yang memiliki karakter yang kuat.). Untung aku telah memiliki modal yang cukup untuk selamat dari pembunuhan tersebut..

Setelah evaluasi pagi, aku lari pagi bersama kang Goris, biasa.. 11 keliling. Tapi latihan pagi ini berbeda, karena hari ini adalah hari selasa, alias English Day di asrama. Sehingga, obrolan kami udah kayak orang-orang barat gitu. Use English guys. Sehingga pada latihan pagi tadi, selain aku berlatih fisik, berlatih mental, berlatih secara social, dan juga berlatih bahasa Inggris.

Setelah lari pagi, aku menginisiasi bisnis pulsa di asrama ku. Aku menuliskan seperti berikut ini dalam kertas bisnis tersebut:

Dikarenakan belanja pulsa ane mencapai 300rb/bulannya (lebih besar dari beasiswa PPSDMS), maka terpikir bagaimana biar bisa mendapatkan pulsa murah dan gampang. Karena seringkali untuk mendapatkan pulsa, ane harus nyari-nyari konter pulsa yang kadang-kadang tutup juga.. Alhasil banyak sms yang terbengkalai (ga dijawab-jawab..). Mau make pulsa fren (temen) ga enak juga.. Akhirnya tercetuslah sebuah ide sederhana dan langsung direalisasikan dengan memiliki simpanan pulsa sendiri, dan bisa dimanfaatkan juga oleh kawan-kawan sekalian. So.. don’t hesitate to use this service.. EsCaFe (Electric Fulse :)). Harga sangat bersaing. Oia, kalo harganya mahal bilang ya.πŸ™‚

Setelah memposting kertas bisnis pulsa di asrama, aku mau syuro ramadhan. Tapi sayangnya ternyata ikhwah sekalian sudah memiliki agenda masing-masing, sehingga yang datang ke asrama kemarin hanya akh cecep saja. Tapi Alhamdulillah, beliau bisa mempresentasikan sedikit banyak tentang konsep pembinaan dan perekrutan panitia dan juga proses sampai orang-orang tersebut dapat terekrut dalam komunitas dakwah.

Bada Dzuhur, aku berangkat ke gelap nyawang untuk melakukan survey terhadap para pengunjung kantin gelapnyawang. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan para pengunjung terhadap kondisi kantin gelapnyawang saat ini. Sampai sana, malah aku yang disurvey oleh novry. Karena survey telah dilakukan oleh sahabat-sahabat ku di Garda Ganesha. Sebenarnya masih ada yang kurang dari pencapaian survey ini, yaitu data pedagang. Padahal data ini lebih primer dibanding data pengunjung.

Bada survey aku ketemu akh rendy untuk membayar biaya untuk ke pernikahan akh rohmad minggu ini. 140rb. Minggu ini aku telah mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Mungkin sampai satu juta.. Tapi ga terasa juga sih,, soalnya pemasukannya juga sepertinya lumayan banyak.. tapi ga terasa juga sih.. . Terlalu menganggap ga penting uang itu.. Yang penting bagaimana agar uang itu selalu berputar dan berproduksi..

Bada itu, aku menghadiri acara Wisudaan para aktivis salman. Tapi sepertinya mereka kok pada biasa-biasa aja ya, padahal sudah di wisuda.. apakah mereka tidak merasakan sesuatu yang fantastis dengan kelulusan mereka? Atau karena mereka para aktivis sehingga terlalu sibuk dan tidak terlalu terikat dengan kegiatan akademik sehingga merasa biasa-biasa aja..atau karena kedewasaan mereka? Yang pasti kelulusan ini harus disikapi dengan bijak. Satu hal yang aku dapatkan dari taujih ustadz Hervi adalah: tetaplah bersama Allah swt dalam keadaan/aktivitas apapun dan tetaplah berada di atas jalan islam yang hanif, karena islam memang telah sempurna.

Bada ashar aku berencana untuk rapat LPES dan GG pada pukul 16. Tapi karena Yunus, Citra dan Kiky ke pak RW dulu, jadinya rapatnya ditunda sampai pukul 17.00. Sambil menunggu, alhamdulillah akhirnya aku menyelesaikan hafalan Quranku surat Al-Munafiqun. Rapat sore ini membicarakan tentang acara menuju launching wisata kuliner, lebih khusus pada acara Agustus-annya. Rapat dilangsungkan sampai pukul 1720, karena aku ada janji untuk bertemu Juju untuk mengambil tambahan uang untuk membeli laptopnya.

Langsunglah aku meluncur ke kosan kang Firman di pelesiran karena Juju sedang disana. Aku menerima 400 ribu dari dia untuk membeli laptop seharga 7400000 karena sebelumnya dia telah memberikan aku 7000000nya. Setelah masuk ke kosan kang Firman dan ngobrol-ngobrol sebentar.. (Eh, disitu ada sra juga, sra nge-kos disana juga.. dunia memang sempit..) aku langsung berangkat ke BEC sebelum magrib.

Sesampainya di BEC, aku langsung ke masjid di belakangnya, masjid apa ya namanya, aku lupa. Letaknya ada di gang masuk dekat sana. Kalau bingung, Tanya pedagang saja. Aku tiba dimasjid tepat sebelum magrib, lalu aku sholat magrib. Setelah sholat magrib aku langsung meluncur ke BEC lantai 2 mencari toko Dhamma Computer untuk melihat Acer 4710 yang seharga 7090000. Aku berencana untuk membeli itu, tetapi aku urungkan dulu dengan bertanya-tanya lebih jauh, tapi bukan di Dhamma, melainkan di HyperSquare, penyalur resmi dari master dealer acer di bandung.

Sesampainya disana aku ditawari laptop Acer 5053, dengan harga diatasnya tetapi performasinya sudah berbeda level. 5053 sudah menggunakan processor AMD 64 X2, setara dengan Core2Duo. Jadinya aku beli laptop yang ini.

Sampai asrama aku telat untuk sholat isya di masjid. Pukul 1940. Jadilah aku sholat isya infiradi. Setelah itu aku bertemu dengan Akh Didit, untuk urusan logo KOMNASHAM. Alhamdulillah kami telah berhasil membuat 3 buah logo KOMNASHAM dengan filosofinya masing-masing.. Besok aku akan mengirimkannya untuk perlombaan ini. Semoga menang.. Amiin..

Setelah itu, aku melaksanakan amanah akh Sukma untuk menjarkom para relawan Rumah Zakat Indonesia. Mengumumkan tentang dibukanya kesempatan bagi mereka untuk menjadi peserta/panitia pada Pelatihan Kepemudaan se-Asia Tenggara. Selanjutnya aku membicarakan dengan Aep terkait dengan Ramadhan GAMAIS-SALMAN. Bergadang sampai jam 00.39. Cukup mengantuk..

Setelah itu.. tidur.. Alhamdulillah..

12 responses to “One busy day.. Wis.. udah..

  1. Subhanallah….sibuk bangetss ente ji, pernah juga sih ngalamin kesibukan yang menumpuk, palagi kalo bukan serial, tapi parallel!!! andaikan diri ini dapat terbagi….tapi yang terpenting adalah setiap kegiatan yang kita lakukan dapat kita ambil hikmahnya, bukan hanya sebagai rutinitas belaka…caelah…bijak kali awak ini…wakakakakπŸ™‚

  2. terus tingkatkan diri…
    tuk benahi diri…
    dan mencapai ridho ilahi…
    jaga hati… dari riya dan tinggi hati…πŸ™‚

  3. @Ilham
    Sibuk? Bingungnya, kalau kewajiban masih ada segini banyak, bagaimana mungkin bisa tidak sibuk? Kewajiban yang kita miliki lebih banyak dari waktu yang kita miliki tul? Maka bantulah saudaramu..πŸ™‚
    Bermanfaat = Bekerja dan Berbagai. SemangKa!

    @Uqi
    Alhamdulillah akh, ini semua tidak lain kecuali pertolongan Allah swt..
    Alhamdulillah ane ngerasa banyak banget sesuatu yang diberikan olehNya..
    Salah satu doa favorit ane adalah:
    Ya Allah berikanlah aku rahmat, hidayah, kemudahan dan kekuatan agar aku bisa menjalani segala sesuatunya dengan cara dan hasil yang terbaik.
    Terbaik = terbaik menurut Allah swt.πŸ™‚

  4. semua orang punya tempat masing-masing… dan kamu sudah menemukan tempatmu itu.. baguslah…

    btw salut denganmu yang punya stamina sedemikian hebat… wew…

    wahhh sudah punya bisnis sendiri.. huahuahua pengen…

  5. mengawali hari dengan kebaikan akan terasa ringan..
    semoga bisa memaknai hari dengan amalan rutin ala ‘ppsdms’ ituπŸ™‚

  6. @Wisnu
    Waktu ketemu di DT, senang sekali rasa hati ini nu. Ada kenangan khusus dengan kamu terutama pas kita seliqo dulu.. Keep spirit bro..

    @Teh Dika
    Alhamdulillah, tapi sebenernya itu bukan ala PPSDMS,, ada yang menginisiasi dan menjadikannya kultur PPSDMS,, siapa ya..?πŸ™‚

  7. wah, subhanallah.
    ada orang yang bisa mengerjakan 1000 aktivitas dalam sehari, dan mungkin anda adalah salah satunya.

  8. weits.. sebuah teladan yang baik bagi kawan-kawanmu ini.. be a great man, bro.. changing by personalify..

  9. Subhanallah seorang aktivis dakwah memang sering dituntut untuk bisa berpikir paralel, tapi kadang ane salah aplikasi jadinya ga fokus, nah bagaimana nich solusi dari masalah seperti ini?πŸ™‚ aktivitas sehari-hari ternyata bagus juga ya klo ditulis. semoga bisa menjadi motivasi bagi yang membacanya.
    salam perjuangan dan,
    salam kenal

  10. wah, diriku pengen waktuku barokah..
    sesibuk apapun pasti sangat menyenangkan..
    smg selalu semangat n ikhlas menjalankan kewajibannya..
    salam kenal.πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

Leave a Reply

