Tambahan Amalan Yaumiyan

Amalan Yaumiyan atau amalan harian adalah sebuah standard pekerjaan seorang muslim yang harus dilakukannya setiap hari. Perilaku harian inilah yang akan membentuk karakternya dalam jangka yang lebih panjang. Biasanya amalan yaumiyan terdiri dari amalan-amalan ibadah mahdhah (ritual) seperti sholat wajib, sholat sunnah, puasa, membaca Al-Qur’an dan sebagainya. Dan setiap amalan memiliki kuantitas dan kualitas standardnya sesuai yang diajarkan Rasulullah saw. Seperti sholat, untuk laki-laki standardnya sholat 5 waktu di masjid. Atau seperti tilawah/membaca Al-Qur’an, standardnya sebanyak 1 juz setiap harinya.

Nah, terkadang, standard tersebut terasa berat untuk kebanyakan umat muslim. Hal itu bukan dikarenakan standardnya yang terlalu tinggi, tetapi karena umat muslim saat ini lebih terbiasa menonton sinetron selama 2-3 jam minimal setiap harinya daripada harus membaca Al-Qur’an. Alias sebenarnya kurang dilatih dan dibiasakan saja. Namun hal tersebut (kebiasaan menonton tv atau perbuatan sejenisnya) memang tidak bisa disalahkan. Yang seharusnya dilakukan adalah merubah paradigma kita dan mayoritas rakyat tentang kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Sebagai salah satu langkah untuk memberikan paradigma berpikir tersebut, maka aku berkomitmen untuk menambah satu lagi tambahan amalan yaumiyan yang aku harapkan ini bisa menjadi karakterku nanti. Amalan tersebut adalah memposting minimal 500 kata dalam satu hari!

Karena itu, dimulai dari sekarang, aku akan memposting blog ini dengan 500 kata setiap harinya (doakan ya agar aku istiqomah..). Tapi memang aku sadari bahwa tidak setiap hari aku mendapatkan inspirasi untuk menulis dengan penuh hikmah.. Sehingga, mungkin saja secara kuantitas jumlah tulisanku meningkat, tapi secara kualitas.. semoga saja bisa mengiringi.. Amiin..

Go Aji!

6 responses to “Tambahan Amalan Yaumiyan

  1. Ternyata menulis 500 kata sehari itu tidak mudah bung..😦

    Ya Allah berikanlah aku rahmat, hidayah, kemudahan dan kekuatan agar aku bisa menuliskan kalimat-kalimat penuh hikmah..

    Amiinn..

  2. wew… makanya aku ga suka kalo dikasih n ngebuat target yang rutin… karena rasa bosan sering dateng…

    mending kalo lagi ada semangat.. tulis yang banyak… khan bisa diset tuh timestamp postingan jadi tampak kalo posting tiap hari padahal ga hehehe

  3. mangga dicoba..

    masih tidak mudah..

    sepertinya akan segera diterapkan standar baru..

    sekarang masih ngeliat realistisnya punya resource (waktu, tenaga, dan pikiran) yang mampu menulis berapa dalam jangka waktu tertentu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s