Ternyata Aku Rindu (Mereka) …

Pada sesi Training Pengembangan Diri pagi tadi di asrama, Pak Arief Munandar bertanya kepada kami semua: “Siapa diantara kalian yang belum merasa rindu asrama ini jika meninggalkan asrama ini dalam waktu yang lumayan lama, > 2 hari?”. Ada 4 orang yang mengacungkan tangannya, termasuk diriku.

Beliau bertanya kenapa aku tidak rindu? Aku jawab mungkin karena interaksiku dengan teman-temanku diluar asrama (red: komunitas dakwah Gamais, Salman, syuro, liqo) jauh lebih berkualitas (banyak dan intens).

Aku sebenarnya juga agak bingung, kenapa aku menjawab seperti itu. Mungkin karena aku sedang tidak enak dengan beberapa anggota asrama (perasaan sendiri aja sih..), maka aku jawab seperti itu. Padahal, entah kenapa kalau tidak ada urusan di kampus aku langsung teringat asrama (dan seluruh penghuninya). Ketika aku di Jakarta, aku ingin mendengar celotehan anak-anak asrama, ketika di asrama kerjaanku lebih banyak keliling kamar dan menyambangi teman-teman satu persatu..

Bagaimana mungkin aku tidak rindu dengan asrama (dan para penghuninya) jikalau kualitas interaksiku bersama mereka sebenarnya sangatlah baik. Disini aku dibimbing dan dibina. Cakrawala berpikirku dibukakan lebih luas lagi. Disini kami dievaluasi bersama. Disini kami tersenyum, ceria, bersusah, kerja bakti, rapat, tidur, nonton, tilawah, matsurat, qiyamullail, mengaji, dialog, diskusi, bertemu tokoh, mengadakan acara, saling berbagi, bercerita, makan-makan, berlatih bela diri, dan banyak sekali kegiatan berkualitas lainnya yang kami lakukan bersama-sama..

Hari ini kami mengadakan acara buka puasa bersama se-Bandung. Target 100 orang, hadirin kira-kira 70-80 orang. Diantaranya terdapat ustadz kami Dr. Taufikurrahman, lalu Pak Cahyana, Pak Udaya, perwakilan asrama etos (kang fathur, kang erik, dll), perwakilan asrama putri kanayakan (vivin, muti, dan seorang lagi), Kang Hendi Donat, adik-adik pengajian, para alumni PPSDMS (Kang Anam, Kang Galih, Kang Sukarno, Kang Danial, dan akang-akang lainnya.), catering qualinya kang qoni cs, dan banyak lagi.. Alhamdulillah berjalan cukup baik dan diakhiri dengan Tarawih bersama dipimpin oleh Asy-Syaikh Afzalurrahman Assalam..

Dan hari ini ditutup dengan acara akhir besutan akh Ilham Fatoni,, acara tersebut adalah Kurma.. Acara yang akhirnya membuat aku menulis postingan ini.. Setelah acara tersebut, aku menyadari suatu hal, Ternyata Aku Rindu (Mereka) …

7 responses to “Ternyata Aku Rindu (Mereka) …

  1. hm.. jadi ingat asrama putri-ku yang dulu..
    kadang ada perasaan kangen juga..

    tapi kini aq punya asrama yg baru kok..
    dengan orang-orang yg baru jg..

    dmn pun, ngerasa asik aja..

    perubahan mmg akan selalu terjadi
    apa pun kondisinya, tak ada yang benar atau salah.
    sebab akan ada selalu pelajaran di dalamnya.
    dan disaat kita memilih tindakan, disaat itu pun sebenarnya kita sedang memanggul sebuah tanggung jawab.

    mungkin, rasa rindu adalah bagian dari tanggung jawab itu sendiri..

    dan Rasa rindu akan hadir bersama tanggung jawab jika dan hanya jika, kita menikmati dan mnyukai amanah dan peran kita saat ini..

    dan puncaknya adalah keikhlasan..
    [apa lagi harapan yg tertinggi dari kualitas hidup manusia selain diberikan anugerah keikhlasan?]

    *just my opinion, maaf klo agak sotoy :D*

  2. Asrama putra Salman juga tetap menjadi keluarga ane yang lain lagi, yang senantiasa dirindukan sampai sekarang,

    Keluarga di rumah apalagi,,

    Yah, begitulah keluarga, ada perasaan khusus buat mereka,

    Banyak keluarga, banyak rindu.

  3. ‘banyak keluarga, banyak rindu..’

    sepakat ji.,
    apalagi kalau kita terpisah luasnya samudera..๐Ÿ™‚

    tapi rindu itulah yang kemudian bisa menjaga bara semangat perjuangan.,
    bahkan ketika bara tersebut telah padam..,
    rasa rindu inilah yang akan menyalakan kembali bara itu..

    jadi., harus punya banyak keluarga!
    *mode provokatif on๐Ÿ™‚

  4. Pingback: Satu bulan terakhir « shortlife·

Leave a Reply

