Bagaimana Memelihara Al-Qur’an?

Bismillah, Alhamdulillah, Allahumma Sholli Ala Muhammad.

Baru-baru ini aku baru saja memberikan sedikit nasihat untuk salah satu kawan seperjuanganku, tentang memelihara (Tahfizh) Al-Qur’an . Apa? Kenapa? Kapan? dan Bagaimana? Aku pikir pasti nasihat ini juga dibutuhkan untuk seluruh manusia di muka bumi ini, lebih khusus untuk para muslim/ah, dan lebih khusus untuk para da’i/aktivis dakwah islam.

Apa itu memelihara quran (tahfizh)?

Tahfizh adalah kegiatan memelihara Al-Qur’an dengan menghafalkan bacaannya dalam hati dan pikiran, sesuai dengan sanad bacaan Al-Qur’an itu sendiri. Dengan memelihara Al-Qur’an berarti kita menjaga pula makna-makna dalam Al-Qur’an itu sendiri dalam implementasi di kehidupan sehari-hari kita. Jadi, pengertian tahfizh itu tidak sekedar hafal saja, namun juga berarti memaknai dan berusaha mengimplementasikannya.

Kenapa kita memelihara Al-Qur’an?

Pertama, karena keimanan kita bahwa Al-Qur’an adalah pedoman hidup manusia, maka sebaik-baik manusia adalah yang paling tahu pedoman hidupnya dan menjalankan hidup sesuai pedomannya. Betul?

Kedua, Karena banyak sekali keutamaan yang Allah swt janjikan bagi para pemelihara Al-Qur’an, baik di dunia dan akhirat. Diantara keutamaanya adalah menjadi keluarga Allah swt di dunia seperti hadist berikut:

Sabda Rasulullah s.a.w:
“Daripada Anas ra. Ia berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda, “Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia.” Kemudian Anas berkata lagi, lalu Rasulullah s.a.w bertanya: “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah. Baginda menjawab: “Iaitu ahli Quran (orang yang membaca atau menghafal Al- Quran dan mengamalkan isinya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.

Apakah kita akan bangga seandainya ayah kita adalah seorang presiden yang bijaksana? Apakah kita akan bangga seandainya kakak kita adalah peraih nobel dunia? Apakah kita akan bangga apabila anak-anak kita selalu mendapatkan rangking terbaik di kelasnya dan disukai oleh seluruh teman-temannya? Bagaimana jika keluarga kita adalah Allah swt yang Maha Pengasih, Penyayang, Pengampun, Pencipta, dan Maha Mulia?

Itu baru satu saja, keutamaan lainnya dalam memelihara Al-Qur’an bisa dilihat disini.

Kapan kita memelihara Al-Qur’an?

Tentunya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memulai memelihara Al-Qur’an sejak sekarang sampai akhir hayat kita. Biasanya kita menunda-nunda untuk memulai memelihara Al-Qur’an dengan berbagai macam alasan kesibukan dan sebagainya, namun ketahuilah bahwa akhir hayat kita siapa yang tahu dan ketika itu terjadi, kapan lagi kita akan dapat memelihara Al-Qur’an sebagai penyelamat kita di hari akhir sana?

Bagaimana memelihara Al-Qur’an?

Dengan penuh semangat dan keinginan untuk menjadi pemelihara Al-Qur’an, tentunya kita juga perlu mengetahui bagaimana cara kita agar dapat memelihara Al-Qur’an dengan efektif dan efisien. Karena tidak jarang keinginan tersebut tidak dapat terimplementasikan karena cara-cara yang salah dan halangan-halangan yang tidak disadari kita.

Ada beberapa kaidah dan cukup banyak tips n trik untuk menjadi seorang pemelihara Al-Qur’an. Salah satu yang paling utama adalah kaidah Innamal ‘amalu bin niyat. Dengan kaidah tersebut, maka yang perlu dilakukan pertama kali dan senantiasa diperbaharui adalah luruskan niat kita untuk memelihara Al-Qur’an ini hanya karena dan untuk Allah swt saja. Tips lainnya bisa dilihat disini.

Alhamdulillah, itu yang bisa terucap. Semoga dengan menuliskan ini, dapat memperteguh dan memperbaharui kembali semangatku dalam menunaikan cita-citaku menjadi seorang pemelihara Al-Qur’an sampai Ia menjadi akhlak dan penyelamatku di dunia akhirat, aminn..

2 responses to “Bagaimana Memelihara Al-Qur’an?

  1. emang,biasanya ngafal mah cepet masuk. cuma gara2 cepet masuk, besok2 malah gak ngafalin😛. Payoyeh ni ane

    mangkanye diulang-ulang akhee,, (nasehat buat ane juga ni..🙂 ).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s