Amanah Kehidupan

Bismillahirrahmanirrahim.

Kehidupan adalah sebuah amanah yang diberikan oleh Allah swt. Manusia ataupun makhluk lainnya tidak pernah merencanakan untuk hidup di dunia ini, tetapi Allah swt yang menentukannya. Pun ketika kita menjalaninya, kita jua tak memiliki hak tuk mengakhirinya. Kehidupan tidak lain adalah amanah bagi kita.

Amanah harus dipertanggungjawabkan. Allah swt memberikan kepercayaan kepada Manusia untuk membuktikan dirinya sebagai makhluk yang paling sempurna penciptaannya dan yang paling baik amalnya untuk segenap alam ini. Kepercayaan tersebut suatu saat akan dievaluasi pelaksanaannya. Tanggung jawab itulah yang membuat amanah kehidupan ini harus mau kita laksanakan dengan memberikan usaha terbaik yang kita miliki.

Ada yang unik dari amanah kehidupan ini, yaitu akhir dari amanah itu sendiri. Akhir kehidupan ini dirahasiakan olehNya. Ia bisa saja tahun kemudian, atau bulan esok, atau bahkan hari ini, jam ini dan detik ini. Hanya Dia yang mengetahui kapan amanah ini harus dicabut. Walaupun sebagian orang berusaha dengan sangat keras mengakhiri hidupnya, tatkala Allah swt belum mencabut amanah ini maka ia akan tetap berada pada amanah kehidupan. Begitupun sebagian orang lain yang berusaha mempertahankan dan memanjangkan usianya, tatkala Allah swt telah menentukan akhir amanah ini maka berakhirlah kesempatannya menunaikan amanah kehidupan. Kita, pemangku amanah ini tidak mengetahui bilamana waktu kita selesai. Unik.

Keunikan tersebut berujung pada satu hal. Ketaqwaan. Taqwa yang berlaku pada setiap saat, setiap momen, setiap detik. Karena begitu pula amanah ini akan dievaluasi. Setiap saat, setiap momen, setiap detik, dan sekecil apapun amal-amal yang ditunaikan dalam amanah kehidupan ini.

Akankah kita mampu menunaikannya dengan sempurna sesuai dengan apa yang diamanahkanNya. Ataukah kita lupa bahwa kehidupan kita adalah amanah yang singkat, yang unik, dan yang suatu saat akan dimintai pertanggungjawaban dengan segala konsekuensi yang mengikutinya.

-that’s what shortlife means.

Alhamdulillahirabbil alamin.

9 responses to “Amanah Kehidupan

  1. Terimakasih informasinya.
    Kehidupan adalah amanah yang diberikan oleh Allah SWT. Sedangkan amanah artinya dapat dipercaya. Maka hanya orang-orang yang dapat dipercaya oleh Allah SWT yang berhak atas kehidupan.
    Oleh karena itu, agar setiap orang dapat menjadi orang yang berhak atas kehidupan yang Allah SWT berikan, maka ia perlu berusaha bersungguh sungguh melaksanakan tugas yang Allah SWT percayakan padanya, yaitu: (1) beribadah kepada Allah SWT, dan (2) rahmatan lil’alamiin dalam rangka beribadah kepada Allah SWT.
    Untuk share silahkan klik “Sosiologi Dakwah” di http://sosiologidakwah.blogspot.com

  2. unik, saat diambilnya amanah dari bahu kita, tak ada yg tahu, dan itu membuahkan ketaqwaan… (?)

    mungkin bagi kita yg memahami Islam sbg pandangan hidup, way of life, bisa dg mudah berkata seperti ini… tapi untuk para ateisme, tidak.

    pemahaman seperti itu, bgmn mengubahnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s